(Bontang, 19 Oktober 2015). Pemerintah Kota Bontang melalui Badan Kepegawaian Daerah melaksanakan kegiatan penganugerahan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya (SLKS) bagi Pegawai Negeri Sipil pada tanggal 13 Oktober 2015 di Lingkungan Pemerintah Kota Bontang, bertempat di gedung Auditorium kantor Walikota Bontang Lestari. Penganugerahaan ini dihadiri oleh Walikota ,Wakil Walikota Bontang, Sekretaris Daerah, Asisten, Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Bontang, penerima penghargaan dan para undangan.

Penganugerahan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya didasarkan atas Undang-Undang No. 20 tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Kehormatan, Undang-Undang No. 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah No. 35 tahun 2010 tentang Pelaksanaan UU No. 20 tahun 2009 dan DPA BKD Kota Bontang tahun anggaran 2015.

Pemberian penghargaan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya ini adalah untuk menghargai PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, UUD 1945, Negara dan Pemerintahan dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan dan disiplin dengan tujuan untuk menumbuhkan sikap keteladanan, semangat kejuangan dan motivasi untuk meningkatkan darma bakti kepada Bangsa dan Negara.

Dalam kegiatan ini sebanyak 193 orang PNS menerima penghargaan yaitu SLKS XXX tahun sebanyak 22 orang, SLKS XX tahun sebanyak 29 orang dan SLKS X tahun sebanyak 142 orang. Untuk mendapatkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya ini tentunya ada persyaratan khusus dan tahapan-tahapan yang harus ditempuh, salah satu syaratnya ialah PNS telah menunjukkan pengabdian, kesetiaan, kejujuran, kecakapan dan kedisiplinan dalam melaksanakan tugas sebagai Pegawai Negeri Sipil selama 10 tahun, 20 tahun, ataupun 30 tahun secara terus terhadap negara Republik Indonesia sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya dan lingkungan tempat tinggalnya.

Penghargaan ini bukanlah akhir dari pengabdian, tetapi dengan penghargaan ini diharapkan Pegawai Negeri Sipil yang menerimanya dapat meningkatkan motivasi diri untuk melaksanakan tugas secara maksimal dan profesional terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat demi tercapainya visi Kota Bontang, yaitu mewujudkan masyarakat Kota Bontang yang berbudi luhur, maju, adil dan sejahtera.

“Saya berharap kegiatan hari ini jangan diartikan sekedar acara seremonial semata tetapi jadikanlah kegiatan hari ini sebagai renungan terhadap apa yang akan dilaksanakan sebagai PNS Kota Bontang sehingga dapat memberikan kontribusi dan warna bagi perjalanan sejarah Kota Bontang. Dalam TNI mempunyai motto Disiplin adalah Nafasku, Mari kita PNS bermotto Disiplin adalah Ibadahku,” tegas Adi Darma menutup pidato sambutannya(13/8).

(PPID Pembantu BKD Kota Bontang - PPID Kota Bontang)

193 PNS TERIMA SATYA LENCANA KARYA SATYA