(Bontang, 23 Juli 2015) - Pada H+6 Idul Fitri 1436 H, pelabuhan umum loktuan dipadati masyarakat. Mereka adalah masyarakat yang akan menjemput keluarga dan sanak famili yang menggunakan kapal laut KM. Queen Soya. Kapal yang berangkat dari pelabuhan pare-pare sejak kemarin siang, bersandar di pelabuhan umum loktuan pada pukul 15.30. Kedatangan kapal sebenarnya telah mundur dari jadwal yang diperkirakan dan seharusnya berlabuh pukul 14.00. Keterlambatan kemungkinan dipengaruhi cuaca dan gelombang, tegas petugas pelabuhan yang ditemui.

Tercatat Kapal KM.Queen Soya yang tiba kali ini mengangkut Lebih dari 1.548 Penumpang dewasa, 65 anak-anak, 18 bayi, 7 unit mobil dan 30 unit sepeda motor (sumber: Syahbandar Bontang, Pelindo, Dishubkominfo Kota Bontang). Cuaca panas tidak memudarkan antusias masyarakat yang ingin menjemput langsung sanak famili mereka. Padatnya pengunjung dapat diatasi oleh petugas dari Dishubkominfo Kota Bontang, Pelindo, Syahbandar, Polres Bontang, Koramil dan Aparat TNI yang menurunkan personil lengkap.

Jumlah penumpang kali ini meningkat drastis jika dibandingkan dengan kedatangan sebelumnya. Jumlah yang tidak jauh berbeda dengan H-6. Hal ini wajar karena kapal motor Queen Soya merupakan kapal pertama yang tiba di Bontang pasca Hari raya Idul Fitri 1436 H Membludaknya jumlah penumpang membuat arus lalu lintas di sekitar pelabuhan loktuan menjadi sangat padat. Hal ini dapat diatasi dengan baik oleh aparat yang bertugas, baik dari satlantas polres maupun satwasdal dishubkominfo. Kesigapan aparat mengatur arus lalu lintas mengakibatkan tidak lumpuhnya lalu lintas di sekitar daerah tersebut.

(Tim PPID Kota Bontang)

Arus Balik di Pelabuhan Umum Loktuan pada H+6