(Bontang, 6 April 2016). Untuk mengantisipasi pembangunan 2 proyek besar, yaitu pembangunan kilang dan NPK Cluster di Kota Bontang, Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni menyampaikan rencananya untuk melakukan peningkatan SDM masyarakat Kota Bontang. Hal ini disampaikan Wali Kota saat bertemu Dewan Pengupahan Kota Bontang dan Rombongan Lembaga Kerja Sama Tripartit di Ruang Rapat Utama Kantor Wali Kota Bontang Lestari pada Selasa (5/4). Pertemuan ini juga dihadiri oleh Sekkot Bontang, M. Syirajudin dan Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Safa Abdu Muha.

"Sesuai dengan misi saya bersama Pak Basri, mengenai Smart City, saya berencana untuk meningkatkan basic skill masyarakat. Termasuk mengaktifkan kembali Balai Latihan Kerja. Ini dilakukan untuk melahirkan SDM yang berkualitas, handal, dan siap kerja. Pemerintah membutuhkan trainer-trainer yang bersertifikasi, oleh karena itu, rencana ini perlu dikoordinasikan lebih lanjut. Selain itu dapat juga dengan mengajak perusahaan-perusahaan lokal agar dijadikan program CSR mereka sehingga SDM kita dapat terserap nantinya", kata Neni.

Lebih lanjut dalam pertemuan singkatnya dengan Wali Kota Neni, LKS Tripartit menyampaikan berbagai kendala yang ditemuinya selama jalannya organisasi. Sebagai penjaga stabilitas perusahaan-perusahaan di Kota Bontang, tugas LKS Tripartit tidak mudah. Organisasi ini memangku banyak kepentingannya di dalamnya. LKS Tripartit berperan untuk membina hubungan yang baik dengan Pemerintah, Perusahaan, dan tenaga kerja di Kota Bontang.. Oleh karena itu, Wali Kota Neni berharap Pemerintah dan LKS Tripartit bisa terus bersinergi dalam urusan ketenagakerjaan di Kota Bontang sehingga hubungan tersebut tetap harmonis dan masalah ketenagakerjaan dapat diatasi dengan baik.

Topik mengenai rendahnya Upah Minimun Sektoral Kota  pun diangkat pagi itu. Menghadapi perekonomian Indonesia yang sedang sulit, Wali Kota Neni meminta pengertian tenaga kerja mengenai status defisit yang dihadapi oleh Pemerintah. Perekonomian yang buruk berdampak juga pada perusahaan. Tenaga kerja dihimbau untuk terus meningkatkan produktivitas perusahaan, sehingga masalah perusahaan dapat  terselesaikan dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Bagian Humas-PPID Kota Bontang

Dalam Rangka Mewujudkan Smart City, Pemerintah Gencar Persiapkan SDM