(Bontang, 11 Agustus 2015) - Demi menjaga stabilitas stok serta harga bahan pokok dan barang strategis di Kota Bontang, maka Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM melaksanakan pendataan ke seluruh distributor di Kota Bontang.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari rabu hingga kamis tanggal 05 – 06 Agustus ini selain bertujuan untuk memantau stok serta harga bahan pokok dan barang strategis, juga dimaksudkan untuk mendata ulang distributor – distributor yang ada di Kota Bontang. Pendataan ulang ini meliputi jenis barang yang dipasok, seberapa banyak barang yang didistribusikan, hingga data – data umum terkait distributor tersebut.

Adapun distributor bahan pokok yang didata yaitu, Istana Telur Surabaya (MamaAnjas), UD. Minota, dan UD. Omega Telur untuk komoditi telur. Kemudian PT.Indomarco Adi Prima, CV. SAC Bersaudara, UD. Mitra Baru, PT. Surainda Panji Jaya,dan PT. Segar Harum untuk komoditi mie instant, minyak goreng, susu, makanan ringan, minuman ringan, air mineral, permen, dan bumbu masakan. Lalu, PT. Cahaya Setia untuk komoditi tepung, minyak goreng, dan gula. Hasilnya, stok dan harga untuk seluruh komoditi tersebut terpantau aman karena pengiriman atau distribusi dilakukan sebelum stok gudang kosong.

Sedangkan untuk barang strategis, pendataan dilakukan ke CV. Dwi Wirya Bhaktidan CV. Satria Pandawa yang memasok komoditi semen. CV. Dwi Wira Bhakti merupakan distributor Semen Tonasa yang didatangkan langsung sebulan sekalidari Sulawesi, dan CV. Satria Pandawa merupakan distributor Semen Tiga Rodayang stoknya didatangkan langsung dari Samarinda. Kedua distributor ini mengaku bahwa stok dan harga semen mereka masih terpantau aman dan stabil. Kegiatan pendataan bersifat berkelanjutan guna menjaga stabilitas stok dan harga bahan pokok serta barang strategis di Kota Bontang. Pemerintah Kota Bontang pun berharap agar distributor – distributor di Kota Bontang dapat bekerja sama dengan Pemerintah dalam hal transparansi data, baik data stok, harga, distribusi, kepemilikan, hingga perijinan. 

(Disperindagkop - PDN, PPID Kota Bontang)
 

Disperindagkop Lakukan Pendataan Distributor Bahan Pokok dan Barang Strategis