BONTANG - Dari 159 paket kegiatan yang disampaikan oleh beberapa SKPD, Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kota Bontang sudah menyelesaikan lelang 96 paket kegiatan sampai Juni 2015. Sementarasebanyak 40 paket kegiatan masih dalam proses lelang,dan 5 paket kegiatan dinyatakan gagal lelang karena tidak ada penyedia yang memasukan dokumen penawaran dan lulus evaluasi, serta 18 paket kegiatan dalam proses persiapan lelang.

Kepala ULP sekaligus Kepala Bappeda Kota Bontang Ir Zulkifli MT menjelaskan, dari 96 paket kegiatan yang sudah diselesaikan lelangnya, terdapat efisiensi atau penghematan anggaran sebesar Rp 18 miliar dari pagu paket kegiatan sebesar Rp 182,8 miliar. 

Hal ini perlu dimaklumi bahwa dalam setiap lelang pengadaan barang dan jasa, akan selalu terdapat efisiensi atau penghematan anggaran karena adanya selisih antara nilai penawaran oleh penyedia dengan nilai pagu paket kegiatan, dan hal ini tentu saja menguntungkan bagi pemerintah daerah, karena dengan adanya efisiensi atau penghematan anggaran tersebut pemerintah daerah memiliki anggaran yang dapat dipergunakan untuk pembiayaan pembangunan tahun selanjutnya. 

Dengan kata lain,  efisiensi dari pengadaan barang dan jasa tersebut akan menjadi silpa atau sisa lebih perhitungan anggaran dari tahun sebelumnya untuk pembiayaan tahun selanjutnya.

Sambungnya, hal serupa juga terjadi dalam pelaksanaan lelang pengadaaan barang dan jasa pada Tahun 2013 dan 2014 yang dilakukan melalui ULP Kota Bontang. Efisiensi yang terdapat dari pelaksanaan lelang tahun 2013 sebesar Rp 52,1 miliar dari pagu paket kegiatan sebesar Rp 559,7 miliar dan untuk pelaksanaan lelang Tahun 2014 terdapat efisiensi sebesar Rp 82,5 miliar dari pagu paket kegiatan sebesar Rp 308,8 miliar.

“Dalam rangka keberhasilan pelaksanaan pembangunan tahun 2015, ULP terus mendorong  dilakukannya percepatan lelang, dengan melakukan koordinasi dan mengingatkan SKPD terkait agar segera menyampaikan paket yang akan dilelang, mengingat waktu efektif untuk pelaksanaan fisik kegiatan Tahun 2015 hanya menyisakan waktu 5 bulan lagi,” pungkasnya. (hms1)

Sumber : bontangpost.co.id

Lelang 96 Paket, ULP Efisiensi Rp 18 M