(8 Oktober 2015) - Pada tahun 2013 Pemerintah Kota Bontang bekerjasama dengan Dirjen Migas dan Kementrian ESDM telah melakukan pemasangan jaringan gas untuk rumah tangga (sebanyak 3960 SR) di kelurahan Gunung Elai dan Kelurahan Api-api dari dana APBN. Pengelolaan jaringan gas tersebut dilaksanakan oleh PT. Bontang Migas dan Energi.

Tahun 2013 dan tahun 2014 melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Bontang berencana melakukan pengembangan jaringan gas runtuk rumah tangga. Maka ditetapkanlah masyarakat di Kelurahan Gunung Telihan yang mendapatkan alokasi jaringan gas untuk rumah tangga terpasang sebanyak 1470 SR yang terbagi dalam 7 Regulator Sektor (RS) yaitu RS 01, RS 02a, RS 02b, RS 03, RS 04, RS 05, dan RS 06.

Kegiatan pembangunan fisik jaringan gas untuk rumah tangga tersebut diselesaikan pada bulan Desember 2014.  Selanjutnya dilakukan pemeriksaan dan pengetesan jaringan gas oleh Dirjen Migas Kementerian ESDM melalui Perusahaan Jasa Inspeksi Teknis (PJIT) agar mendapatkan Sertifikat Kelayakan Penggunaan Instalasi (SKPP).

Tanggal 31 Agustus 2015 jaringan gas untuk rumah tangga yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Bontang telah mendapatkan Sertifikat Kelayakan Penggunaan Instalasi (SKPP) dari Dirjen Migas Kementerian ESDM dengan nomor SKPP 198/PP/SKPP/18.03/DJMT/2015 dan 199/PP/SKPP/18.03/DJMT/2015.

Setelah dilaksanakan sosialisasi kepada masyarakat Kelurahan Gunung Telihan dan rapat teknis, pelaksanakaan gas in dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 30 September 2015. Kegiatan tersebut dimulai dengan membuka valve dari Metering Regulator System (MRS) Jaringan gas Kota Bontang untuk mengisi jaringan induk (loop header) pada jaringan gas telihan. Pelaksanaan gas in dilaksanakan secara bertahap yang di mulai pada RS 03, RS 05, dan RS 06. Kegiatan ini berlangsung lancar dan aman berkat kerjasama yang baik dari SKPD terkait, PT BME selaku operator, dan KSO Promits Eltran selaku kontraktor pelaksana.

Pada tanggal 1 Oktober 2015 dilakukan pengetesan jaringan gas di rumah warga. Dari hasil pemantauan di beberapa rumah warga dapat dilihat bahwa api kompor sudah dapat menyala dengan baik menggunakan gas bumi dari jaringan gas yang ada. Perlu diketahui bahwa  pelaksanaan kegiatan pengetesan penyaluran gas ke kompor rumah warga melalui jaringan gas yang sudah dibangun masih terus dilaksanakan sampai saat ini.

Dengan adanya jaringan gas untuk rumah tangga di Kelurahan Gunung Telihan diharapkan masyarakat dapat menikmati energi gas bumi yang murah, bersih dan aman. untuk keperluan rumah tangga masyarakat di Kelurahan Gunung Telihan.

 

Sumber : PPID Pembantu DISPERINDAGKOP

Pemasangan Jaringan Gas di Kelurahan Gunung Telihan