(Jakarta, 20/10/2015) – Penghargaan Smart Nation yang diinisiasi oleh City Asia tahun 2015 merupakan penghargaan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk seluruh Provinsi, Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia. Penghargaan diberikan berdasarkan pemeringkatan nilai kematangan suatu wilayah provinsi, kabupaten dan kota atas pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembangunan wilayahnya.

Penilaian dilakukan oleh tim juri yang terdiri atas praktisi, akademisi dan technopreneur. Gengsi yang terlihat dari penghargaan ini adalah pada proses penilaian yang menggunakan teknik data mining. Data mining pada penilaian oleh tim merupakan proses penambangan data yang diambil dari web application, kemudian dilakukan ekstraksi data untuk selanjutnya diubah menjadi sebuah pola data berupa grafik sampai akhirnya menjadi sebuah prosentase penilaian tingkat kematangan. Hasil yang didapat memiliki tingkat validasi tinggi karena contactless(tidak ada kontak sama sekali) dengan pihak yang dinilai, kecuali pada saat pengumuman pemenang.

Setelah sebelumnya mendapat peringkat 3 (tiga) pada pemeringkatan Kota Cerdas Versi ITB-Kompas, Kota Bontang mendapat kehormatan kembali sebagai salah kota kecil di Indonesia yang masuk nominator 5 besar Kota Cerdas versi City Asia. Penerimaan penghargaan diwakili oleh Bapak Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Bontang, Drs. H Akhmad Suharto, M.Si pada selasa (20/10), dan Kota Bontang menempati peringkat kelima pada pemeringkatan Kota Cerdas untuk kategori kota kecil.

Penghargaan ini merupakan penghargaan kedua bagi Kota Bontang di bidang teknologi informasi pada tahun 2015. Meskipun tidak mendapatkan posisi puncak, namun hasil ini dapat dijadikan motivasi bagi Kota Bontang untuk meningkatkan pembangunan teknologi informasi menuju  integrated city.  Sebuah kebanggan bagi kota bontang sebagai satu dari dua wakil Kalimantan, bahkan satu-satunya wakil dari luar pulau jawa untuk kategori kota kecil yang mendapatkan penghargaan tersebut.

(Tim PPID Kota Bontang)

Penghargaan Smart Nation 2015