(Bontang, 28 Desember 2015). Meningkatnya ketergantungan terhadap minyak bumi sejak beberapa tahun lalu membuat pemerintah semakin giat berupaya untuk menekan pertumbuhan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dengan cara mengalihkan penggunaan BBM ke bahan bakar gas bumi sebagai energi alternatif untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri.Berdasarkan hal tersebut, Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Perindagkop dan UMKM Kota Bontang, melaksanakan pembangunan jaringan gas untuk rumah tangga di Kelurahan Gunung Telihan secara bertahap pada tahun 2013 sebanyak 1.200 SR dan 2014 sebanyak 271 SR. Hingga saat ini jumlah sambungan rumah yang terpasang adalah 1.471 SR yang terbagi dalam 7 Regulator Sector.

Atas inisiatif Pemerintah Kota Bontang dari 3 Kelurahan yang telah memiliki FEED dan DEDC pembangunan jaringan gas untuk rumah tangga yaitu Kelurahan Gunung Telihan, Kelurahan Bontang Baru dan Kelurahan Tanjung Laut, dipilihlah kelurahan Gunung Telihan karena daerah tersebut di lalui jaringan Gas dan terdapat Metering Regulator Station ( MRS).

Tepat pada tanggal 28 Desember, dilakukan peresmian Jaringan Gas Bumi untuk rumah tangga di kelurahan Gunung Telihan Kota Bontang. Acara ini dihadiri oleh Walikota Bontang, Ir. Adi Darma sekaligus meresmikan jaringan gas tersebut, turut juga hadir Bapak Asisten 2, Ibu Asisten 3 dan Staf ahli Kepala SKPD, anggota SKPD, perwakilan perusahaan PT. Badak dan PT. PKT, Kementrian Gas dan Bumi , Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan masyarakat Kelurahan Gunung Telihan.

Pada tahun 2011, kota Bontang ditunjuk oleh Direktorat Jendral Minyak Gas Dan Bumi Kementrian ESDM sebagai salah satu daerah yang mendapatkan alokasi jaringan Gas untuk rumah tangga dan terpilih lah Kelurahan Gunung Elai dan Kelurahan Api-api sebagai pilot project di Kota Bontang. Total jumlah sambungan rumah yang telah terpasang di dua kelurahan tersebut saat ini adalah 3.960 sambungan rumah yang dana pembuatannya diambil dari dana APBN Pemerintah Pusat.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk upaya peningkatan pemanfaatan Bahan Bakar Gas Bumi untuk rumah Tangga dan pelanggan kecil sehingga masyarakat mendapatkan energi gas yang lebih mudah, murah, dan aman. Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengurangi beban subsidi BBM khususnya minyak tanah mengurangi ketergantung BBM (minyak tanah) dan LPG pada sektor rumah tangga dan pelanggan kecil.

Tim PPID Kota Bontang

PERESMIAN JARINGAN GAS BUMI DI KELURAHAN GUNUNG TELIHAN BONTANG