(Bontang, 30 Maret 2016). Pemerintah Kota Bontang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyelenggarakan Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun  Anggaran 2017. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang  Auditorium  Kantor Wali Kota Bontang Jalan Moch Roem Kelurahan Bontang Lestari Senin (28/3) kemarin.

Musrembang dengan tema "Penguatan Sektor-Sektor Pembangunan Daerah Menuju Pembangunan Sektor Maritim untuk Pembangunan Daerah yang Berdaya Saing" dibuka secara resmi oleh Wali Kota Bontang Hj Neni Moerniaeni dihadiri oleh Sekkot HM Syirajudin, Kepala Sub Bidang Ekonomi BAPPEDA Provinsi Kaltim Ujang Rachmad, Pimpinan DPRD Kota Bontang, FKPD dan kepala SKPD, Camat, Lurah dilingkungan Bontang serta beberapa LSM dan perwkilan Forum Anak Kota Bontang.

Dalam arahannya Wali Kota Hj Neni Moerniaeni menyampaikan bahwa Musrembang ini merupakan salah satu agenda strategis perencanaan pembangunan Daerah yang memaduserasikan perencanaan strategis Pemerintah Daerah dengan aspirasi masyarakat, baik melalui rembuk warga yang telah dibahas melalui musrembang tingkat kelurahan, kecamatan, maupun melalui pokok pikiran anggota DPRD Kota Bontang.

“Dan saat ini Pemerintah Kota Bontang selanjutnya  akan menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bontang 2016-2021 yang merupakan penjabaran dari visi kami yaitu; menguatkan Bontang sebagai Kota Maritim berbudayakan industri yang bertumpuh pada  kualitas SDM dan lingkungan hidup untuk kesejahteraan masyarakat. Dan dengan misi untuk menjadikan Kota Bontang sebagai Smart City melalui peningkatan kualitas SDM, dan Green City melalui peningkatan kualitas lingkungan hidup serta Creative City melalui pengembangan kegiatan perekonomian berbasis sektor maritim,” jelasnya.

Guna menyongsong Pembangunan Kota Bontang ke arah yang lebih baik Wali Kota Hj Neni Moerniaeni menegaskan bahwa Pemerintah Kota Bontang telah mempersiapkan sejumlah prioritas pembangunan dan program strategis. Hal tersebut merupakan suatu perencanaan tersistem dan terukur untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan yang di tetapkan dalam mewujudkan pembangunan yang lebih baik, maju dan lebih mensejahterakan.

“Mengingat pentingnya Musrembang ini maka untuk itu saya isntruksikan kepada seluruh kepala SKPD dilingkungan Pemkot Bontang agar mencermati dengan seksama hasil-hasil kesepakatan dalam musrembang ini sehingga rencana pembangunan yang dituangkan dalam renja SKPD memiliki relevansi terhadap kebutuhan dan harapan seluruh masyarakat Kota Bontang yang tepat sasaran,” tegasnya.

Ketua DPRD Kota Bontang H Kaharudin Jafar menyatakan bahwa pokok pikiran anggota DPRD Kota Bontang yang telah disinergikan dengan Visi dan Misi Pemerintah Kota Bontang merupakan hasil penjaringan aspirasi atau riset anggota DPRD Kota Bontang. Pokok pikir tersebut memuat pandangan dan pertimbangan DPRD mengenai arah prioritas pembangunan, serta rumusan usulan kebutuhan program dari hasil penelaan pokok pikiran DPRD tahun sebelumnya yang belum terbahas dalam musrembang dan agenda kerja DPRD untuk tahun berikutnya.

“Pada tahun ini pokok pikiran anggota DPRD yang akan dimasukkan kedalam RKPD tahun 2017 meliputi empat bidang yaitu Bidang sosial budaya, pelayanan umum, ekonomi keuangan, serta bidang infrastruktur dan lingkungan hidup,” ungkapnya.

Bagian Humas-PPID Kota Bontang

Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni Buka Musrembang Penyusunan RKPD 2017