Jakarta- Walikota Bontang, Neni Moerniaeni bersama Dandim Kota Bontang, Rio Akmal Ali Syahbana dan Ketua DPRD Kota Bontang, Kaharuddin menghadiri Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-96 Tahun 2016 pada hari Kamis (7/3) di Balai Sudirman, Jakarta Selatan.

Rakornis dibuka oleh Sekjen Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Anwar Sanusi, dengan materi percepatan pembangunan desa yang rencananya akan dilakukan serentak pada 3 Mei- 1 Juni 2016.

Tema yang diangkat pada rakornis TMMD ke-96 ini adalah “Dengan semangat kemanunggalan serta kerjasama lintas sektoral dan lintas komponen bangsa, kita wujudkan percepatan desa membangun Indonesia guna meningkatkan kesejahteraan rakyat.”

 “Pembangunan desa menjadi tujuan akhir, yakni meningkatkan kualitas hidup, lingkungan, kesejahteraan masyarakat serta pengentasan kemiskinan supaya tercapainya kemandirian pendapatan desa. Tujuan akhir tersebut dapat tercapai melalui pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan sekitar, pengembangan ekonomi pembangunan, pengembangan potensi ekonomi lokal, dan usaha bersama untuk menciptakan daya saing, serta peningkatan efektivitas desa pemerintahan dan kualitas pelayanan pemerintah desa terhadap masyarakat desa. Membangun desa adalah kesuksesan pembangunan bangsa. Ini adalah program Jokowi-Jusuf Kalla,” kata Anwar.

Anwar mengajak seluruh peserta rakornis mewujudkan percepatan desa untuk membangun Indonesia guna kesejahteraan rakyat. Hal tersebut dapat dilakukan melalui kerjasama lintas sektoral dan lintas komponen bangsa. “Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi masyarakat desa tidak boleh kembali ke kota melainkan memanfaatkan desa itu sendiri. Pemberdayaan masyarakat desa pun dinilai penting dilakukan,” lanjut Anwar.

463 peserta Rakornis termasuk Kota Bontang dan kabupaten/kota terpilih lainnya hadir untuk menyamakan visi, misi, informasi dan persepsi arah kebijakan TMMD  tingkat pusat dan daerah sehingga penyelenggaraan Program TMMD dapat berjalan optimal.

Pemerintah Kota Bontang mendukung Program TMMD yang dicanangkan Kemendes dan TNI Angkatan Darat untuk membangun bangsa dan negara, khususnya daerah pedesaan. Kerjasama pembangunan yang sinergis antara pusat dan daerah diharapkan dapat mewujudkan desa mandiri dan tidak tertinggal. 

TNI Angkatan Darat dipilih sebagai penyelenggara TMMD karena kekuatan TNI yang besar, serta luasnya pengalaman dan pengetahuan mereka terhadap masyarakat desa. Program ini adalah salah satu bentuk pengabdian TNI kepada masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang tinggal di pedalaman.

Di Kota Bontang, program TMMD dilaksanakan pada Bulan Mei mendatang. Kegiatan yang dilakukan adalah pembangunan turap sungai, pengecatan tempat ibadah.

Bagian Humas – PPID Kota Bontang

Walikota Bontang Hadiri Rakornis TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-96