(Bontang, 6 April 2016). Pelaksanaan Ujian Nasional (UN)yang berlangsung pada Selasa (5/4) kemarin mendapat perhatian khusus dari Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni. Pada hari kedua pelaksanaan UN, Wali Kota turun langsung untuk memantau UN yang tengah berlangsung di tiga sekolah yakni SMKN2, SMK YKPP, SMKN 1, dan SMA YPK. Disela-sela kunjungannya, Wali Kota tampak serius memperhatikan para siswa yang tengah mengerjakan soal-soal UN.

Sekolah SMKN 2 adalah sekolah pertama yang mendapat kunjungan dari Wali Kota, kemudian dilanjutkan ke SMK YKPP, SMKN 1 dan SMA YPK.Kepada Kepala Dinas Pendidikan, Wali Kota menanyakan perkembangan jalannya UN di Kota Bontang.

“Mudah-mudahan tidak ada kendala selama anak-anak kita menjalankan UN dan tahun ini Bontang bisa mendapatkan nilai yang terbaik,” ucapNeni.

Wali Kota juga optimistis jika hasil UN tahun ini, peringkat Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) Bontang dapat bertahan di peringkat 5 besar se-Indonesia. Terlebih lagi 70 persen pelajar Kota Bontang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Saya yakin, anak-anak Bontang bersikap jujur selama UN berlangsung. Kalau bisa, tingkat kejujuran meningkat dari tahun lalu. Apalagi tadi saya pantau, pelaksanaan UNBK dengan sistem yang ketat terlihat sulit untuk menyontek ,” ujarnya.

Maka dari itu, Neni berpesan, agar hasil pelaksanaan UN tahun ini dapat membawa Bontang kembali berprestasi di skala Kalimantan Timur. Modal prestasi peringkat pertama IIUN yang diraih Bontang pada tahun lalu dapat menjadi semangat tersendiri untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada pelaksanaan UN kali ini.

“Kalau di Kaltim harus bertahan peringkatnya. Kalau perlu,di tingkat nasional dapat tembus tiga besar,” jelasnya.

Tak hanya memantau jalannya UN, Wali Kota juga meninjau sejumlah sarana dan prasarana di sekolah yang dikunjunginya. Pasalnya, Wali Kota berharap sekolah – sekolah di Kota Taman dapat memaksimalkan kegiatan belajar mengajarnya guna mendukung program pemerintah Smart City.  Wali Kota meminta, agar kendala di sekolah-sekolah segera dicarikan solusinya.

“Pemerintah siap mendukung kegiatan di sekolah. Karena salah satu program pemerintah saat ini adalah menjadikan Bontang sebagai smart city.Salah satu indikasi program ini adalah pendidikan di sekolah,” pungkasnya.

Bagian Humas-PPID Kota Bontang

Walikota Bontang Pantau Langsung Pelaksanaan UN